image.jpg

Derginin Adı: quantum, jurnal inovasi pendidikan sains
Cilt: 2014/5
Sayı: 1
Makale Başlık: MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX-A SMP NEGERI 3 PARINGIN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG
Makale Alternatif Dilde Başlık: Alternatif dilde başlık bulunmamaktadır. There is no article title in another language.)
Makale Eklenme Tarihi: 21.12.2017
Okunma Sayısı: 1
Makale Özeti: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IX-A SMPN 3 Paringin, materi bangun ruang sisi lengkung dengan menggunakan media dalam pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-A SMPN 3 Paringin tahun pelajaran 2013/2014, berjumlah 17 Orang. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi untuk mengetahui aktivitas pembelajaran dikelas dan instrumen tes untuk mengetahui tingkat pemahaman/hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan pada setiap pertemuan diakhiri dengan pelaksanaan tes sehingga dapat diketahui ada tidaknya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa materi bangun ruang sisi lengkung pada pelajaran matematika. Hasil Penelitian menyatakan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat (1) Meningkatkan aktivitas siswa dengan kategori aktif, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dengan ketuntasan individual dari 7 siswa menjadi 15 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan media dalam pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas adan hasil belajar siswa kelas IX-A SMPN 3 Paringin sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternative model pembelajaran matematika dan dapat disarankan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw karena dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika.
Alternatif Dilde Özet: Alternatif dilde abstract bulunmamaktadır. (There is no abstract in another language.)

PDF Formatında İndir

Download PDF